Monday 29 August 2016

Mie Koclok Mang Sam - Cirebon

Hi Rooters! Kali ini kami akan mereview sebuah mie koclok khas Cirebon. Kami mendatangi penjual mie koclok yang terkenal di daerah sini, yaitu Mie Koclok Mang Sam. Mie Koclok Mang Sam ini selain terkenal kelezatannya, kedai ini juga terkenal sebagai warung Mie Koclok tertua di Kota Cirebon, Mang Sam mulai berjualan sejak tahun 1960 sekian, awalnya tidak berlokasi di posisi yang sekarang, awalnya Mang Sam berjualan di daerah Pasar Balong, oh iya penjual mie koclok yang sekarang sudah Generasi ke 3. oh iya sebagai informasi, saat ngobrol-ngobrol dengan sang pemilik, katanya Mie Koclok Mang Sam ini tidak membuka cabang di manapun, cuma ada satu di Pekiringan, jadi kalau Rooters ketemu kedai dengan nama yang sama, bisa di pastikan bahwa itu bukanlah yang asli, dan menurut sang pemilik mereka tidak berpikir untuk membuka cabang demi kwalitas rasa yang sudah di pertahankan selama tiga generasi ini.

Mie koclok di sini warna kuahnya putih dan kental, pada saat kami melihatnya, yang terlintas di kepala kami adalah saus carbonara, namun setelah ngobrol dengan teman yang menjadi guide kami, ternyata Mie Koclok Khas Cirebon kuahnya memang seperti ini, untuk kami yang pertama kali mencoba, rasanya benar-benar enak, kuah nya ternyata terbuat dari kuah santan yang di campur dengan berbagai macam bumbu, dengan isian suwiran daging ayam kampung, telur rebus dan toge membuat mie koclok ini sangat gurih.
Mie Koclok - IDR 10K
Selain itu, kami juga memesan wedang ronde di sini, aroma jahenya benar-benar menyengat, sangat pas di makan saat malam hari yang dingin, isi rondenya adalah kacang yang sangat pas dengan kuah jahe.
Wedang Ronde - IDR 5K
Di dekat Mie Kocok Mang Sam, ada penjual sate kalong. Sate ini dibuat bukan dari daging kalong, melainkan dari daging kerbau. Sate ini disebut sate kalong karena satenya dijual mulai dari malam hari. Sate ini disajikan dengan saus kacang. Untuk makan sate kalong ini, disarankan untuk langsung memakan beberapa tusuk sekaligus supaya terasa lebih enak. Karena dagingnya tipis, kalau dimakan satu per satu, rasa satenya tidak berasa. untuk Sate Kalong nya kami di traktir oleh teman kami, jadi kami tidak mengetahui harganya.
Sekian review kami untuk Mie Koclok Mang Sam dan sate kalongnya, jika teman-teman mampir ke Kota Cirebon jangan lupa untuk mampir dan mencoba kedai yang boleh di bilang melegenda di kota Cirebon ini.

Mie Koclok Mang Sam
Jl, Pekiringan, Kota Cirebon.
Opening Hours : 4PM - 23PM
Cost : IDR 40K for two people (Approx.)

2 comments:

  1. Mie koclok penampakannya mirip mie rebus pake telor yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kak, cuman mie nya lebih besar aja :D

      Delete

Contributors